%0 Thesis %9 S1 %A Airin Setyarini, %B PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI %D 2013 %F UNY:10642 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %T UPAYA MENINGKATKAN PERHATIAN SISWA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA WAYANG ANGKREK PADA SISWA KELOMPOK B2 TK ASSA’ADAH BALEDONO PURWOREJO %U http://eprints.uny.ac.id/10642/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian siswa kelompok B2 TK Assa’adah Baledono Purworejo melalui metode bercerita dengan media wayang angkrek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang dikembangkan sendiri oleh peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B2 TK Assa’adah Baledono Purworejo yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah perhatian siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan perhatian siswa kelompok B2 TK Assa’adah Baledono Purworejo. Peningkatan perhatian siswa dapat dilihat dari hasil observasi yang meningkat pada setiap siklus. Hasil rata-rata observasi perhatian siswa sebelum tindakan adalah 8.70% dengan kriteria “kurang sekali”, pada siklus I adalah 47.12% dengan kriteria “cukup baik”, dan pada siklus II meningkat menjadi 82.61% dengan kriteria “sangat baik”. Kata kunci: perhatian, metode bercerita, wayang angkre