eprintid: 10636 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1141 dir: disk0/00/01/06/36 datestamp: 2013-07-29 02:59:05 lastmod: 2019-01-29 18:45:34 status_changed: 2013-07-29 02:59:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurul , Muslimah title: PENINGKATAN KOMPETENSI MENGANALISIS ASPEK-ASPEK PENGELOLAAN USAHA DENGAN METODE INQUIRY PADA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI DI SMKN 2 GODEAN ispublished: submitted subjects: D3 subjects: teknik_boga_busana divisions: ft_jurdik_boga_busana_pend_busana full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Penerapan metode inquiry dalam meningkatkan kompetensi 2) Peningkatan kompetensi menganalisis aspek-aspek pengelolaan usaha siswa kelas XI dengan menggunakan metode inquiry pada pembelajaran kewirausahaan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart, meliputi; Perencanaan, Tindakan dan Observasi, serta Refleksi. Subyek penelitian adalah 35 siswa kelas XI Busana 3 di SMK Negeri 2 Godean. Metode pengumpulan data dengan wawancara, lembar observasi dan tes pilihan ganda. Uji validitas berdasarkan judgement expert dan point biserial untuk tes pilihan ganda. Uji reliabilitas lembar observasi dengan antar rater dan tes menggunakan KR-20. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pelaksanaan pembelajaran dengan metode inquiry hanya terlaksana 53%, ada kekurangan pada siklus pertama sehingga dilakukan perbaikan pada siklus kedua dengan ketercapaian 89%. 2)Kompetensi ranah kognitif pada pra siklus rata-rata kelas 61,71, setelah dikenai tindakan siklus pertama meningkat 8,58% dengan rata-rata kelas 70,29, dilakukan perbaikan pada siklus kedua meningkat 9,14% menjadi 79,43. Ranah psikomotor siklus pertama dengan rata-rata kelas 87,65 meningkat 3,17% menjadi 90,82 pada siklus kedua. Ranah afektif siklus pertama dengan rata-rata kelas 81,43 meningkat 9,14% menjadi 90,57. Kompetensi siswa ranah kognitif, psikomotor dan afektif dengan prosentase 100% sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal 70, dengan demikian metode inquiry dapat diterapkan pada pembelajaran kewirausahaan dan meningkatkan kompetensi siswa. date: 2013-07 date_type: submitted institution: Fakultas Teknik UNY department: Pendidikan Teknik Busana thesis_type: skripsi citation: Nurul , Muslimah (2013) PENINGKATAN KOMPETENSI MENGANALISIS ASPEK-ASPEK PENGELOLAAN USAHA DENGAN METODE INQUIRY PADA PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI DI SMKN 2 GODEAN. S1 thesis, Fakultas Teknik UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/10636/1/JURNAL%20Nurul%20Muslimah%2009513241032.pdf