%X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Devision (STAD) pada kelas V SD Negeri Kiyaran 1 Cangkringan Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan hasil tes belajar. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kiyaran 1 yang berjumlah 21 siswa, yang terdiri atas 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Devision (STAD). Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan hasil belajar IPS pada siklus I sebesar 8,05 (dari kondisi awal 60,14 menjadi 68,57) dengan peningkatan persentase ketuntasan sebesar 24% (dari kondisi awal 38% menjadi 62%) kemudian pada siklus II meningkat sebesar 10,19 (siklus I 6 8 , 5 7 menjadi 78,76) dengan peningkatan persentase ketuntasannya sebesar 33% (siklus I 62% menjadi 95%). Kata kunci: hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, SD N Kiyaran 1 %A Muhammad Fathul Qodir %L UNY10583 %T MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ) PADA SISWA KELAS V SDN KIYARAN 1 CANGKRINGAN SLEMAN %D 2013 %I Universitas Negeri Yogyakarta