%0 Thesis %9 D3 %A Sri , Patmawati %B Pendidikan Teknik Boga dan Busana %D 2013 %F UNY:10561 %I Fakultas Teknik %T INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN TATA HIDANG SISWA SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/10561/ %X Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan: (1) nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang diintegrasikan dalam Mata Pelajaran Tata Hidang di SMK Negeri 4 Yogyakarta, (2) proses, (3) dampak, (4) mengetahui ketercapaian integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran Tata Hidang pada siswa berdasarkan penilaian guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jasa Boga SMK N 4 Yogyakarta sebanyak 129 siswa. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, yaitu sebanyak 55 siswa. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, angket integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Mata Pelajaran Tata Hidang. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan Koefisien Alfa Cronbach. Instrumen angket diujicobakan pada 30 siswa kelas XI Patiseri dengan (rhitung>0,361). Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai-nilai karakter (nilai tanggung jawab, disiplin, jujur, percaya diri, santun, kerja keras, kerjasama, menghargai, bersahabat/komunikatif, teliti dan cermat) sudah ditanamkan melalui pembelajaran dalam Mata Pelajaran Tata Hidang. (2) Proses integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Mata Pelajaran Tata Hidang meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran (pengelolaan kelas, pengkondisian siswa, bimbingan akademik), dan penilaian. (3) Dampak integrasi nilai-nilai pendidikan karakter Mata Pelajaran Tata Hidang terhadap siswa termasuk dalam kategori: nilai tanggung jawab (67,27%) dalam kategori “sangat baik”, nilai disiplin (74,54%) kategori “sangat baik”, nilai kerja keras (49,09%) kategori “sangat baik”, nilai kerjasama (45,45%) kategori “sangat baik”, nilai percaya diri (47,27%) kategori “baik”, nilai santun (67,27%) kategori “sangat baik”, nilai teliti dan cermat (52,73%) kategori “sangat baik”. (4) Ketercapaian integrasi nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa dalam Mata Pelajaran Tata Hidang berdasarkan penilaian guru termasuk dalam kategori: nilai tanggung jawab (62,5%) dalam kategori “mulai berkembang”, nilai disiplin (75%) kategori “mulai berkembang”, nilai kerja keras (62,5%) kategori “mulai berkembang”, nilai kerjasama (75%) kategori “membudaya”, nilai percaya diri (87,5%) kategori “mulai berkembang”, nilai santun (62,5%) kategori “mulai berkembang”, nilai teliti dan cermat (75%) kategori “mulai berkembang”.