%0 Thesis %9 S1 %A Ari Purnomo, Aji %B JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA PRODI PEND. TEKNIK INFORMATIKA %D 2013 %F UNY:10553 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T EFEKTIVITAS JOBSHEET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA DIKLAT WEB DESAIN KELAS X RPL DI SMK YPKK 1 SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/10553/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa mata diklat Web Desain kelas X RPL di SMK YPKK 1 Sleman yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran Jobsheet dengan yang pembelajarannya tanpa menggunakan media pembelajaran Jobsheet; (2) mengetahui efektivitas Jobsheet sebagai media pembelajaran pada mata diklat Web Desain kelas X RPL di SMK YPKK 1 Sleman. Penelitian ini dilakukan pada kelas X RPL di SMK YPKK 1 Sleman yaitu kelas X RPL 1 (kelompok kontrol) dan X RPL 2 (kelompok eksperimen). Kelompok Kontrol dengan jumlah siswa 38 orang diberikan perlakuan berupa pembelajaran tanpa menggunakan jobsheet, sedangkan pada kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 36 orang diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan jobsheet sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Desain quasi yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Uji validitas jobsheet berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi (judgment expert). Uji validitas butir soal menggunakan software ITEMAN. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan rumus statistik parametris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan hasil belajar siswa mata diklat Web Desain yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran jobsheet dengan yang pembelajarannya tanpa menggunakan media pembelajaran jobsheet. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t dari nilai rata-rata hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (5,730 > 1,658), serta nilai signifikansi (P) adalah 0,000 < ⍺ (0,05), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima; (2) Jobsheet efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada mata diklat Web Desain Kelas X RPL di SMK YPKK 1 Sleman. Hal ini ditunjukkan dengan indeks normalized gain sebesar 0,48 dengan kriteria sedang. Kata kunci : jobsheet, efektivitas, media pembelajaran.