%A Novi Indah Widanarti %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar IPS siswa SD kelas V se gugus II di Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subjek 90 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes digunakan untuk mengukur masing-masing variabel kemampuan membaca pemahaman dan prestasi belajar IPS. Instrumen yang diberikan, sebelumnya dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, untuk soal tes kemampuan membaca pemahaman diperoleh 31 item soal yang valid dan reliabilitas sebesar 0,912, sedangkan soal tes untuk prestasi belajar IPS diperoleh 30 item soal yang valid dan reliabilitasnya sebesar 0,901. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara kemampuan membaca pemahaman materi IPS dengan prestasi belajar IPS siswa SD kelas V se gugus II di Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment, dengan diperoleh hasil korelasi rhitung sebesar 0,613. Pada taraf signifikansi 5% didapatkan hasil 0,613 > 0,207, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kedua variabel tersebutdimana kenaikan pada variabel kemampuan membaca pemahaman akan diikuti oleh kenaikan pada variabel prestasi belajar IPS. Kata kunci: kemampuan membaca pemahaman dan prestasi belajar IPS %L UNY10548 %I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2013 %T HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA SD KELAS V SE-GUGUS II DI KECAMATAN GALUR, KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2012/2013