TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/10541/ ID - UNY10541 M1 - skripsi AV - public TI - PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT MELALUI PENERAPAN TEORI BELAJAR VAN HIELE PADA SISWA KELAS III SD NEGERI CORONGAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Ernawati, Dwi Endah N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun datar segiempat pada siswa kelas III SD Negeri Corongan melalui Penerapan Teori Belajar van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action receach) dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri Corongan yang berjumlah 25 siswa. Dalam penelitian ini dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) Apakah dengan penerapan teori belajar van Hiele dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun datar segiempat pada siswa kelas III SD Negeri Corongan Depok?, (2) Bagaimanakah penerapan teori belajar van Hiele yang dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun datar segiempat pada siswa kelas III SD Negeri Corongan Depok?. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari beberapa kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematika materi bangun datar segiempat (pre test dan post test), lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, wawancara dan dokumentasi. Untuk menentukan validitas instrumen menggunakan expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Ada pun indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan nilai rata-rata kelas sebesar 70 dan lebih dari 70% siswa mendapat nilai ?70 pada rentang skor 0-100. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan teori belajar van Hiele dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun datar segiempat pada siswa kelas III SD Negeri Corongan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya hasil tes pemahaman konsep bangun datar segiempat dari nilai rata-rata sebelum tindakan (pre test) sebesar 37,60 dengan ketuntasan belajar 0%, setelah diadakan post test siklus 1 dengan penerapan fase-fase pada teori belajar van Hiele dan penggunaan benda konkret di sekitar siswa, nilai rata-rata kelas sebesar 58,92 dengan ketuntasan belajar 36% dan nilai rata-rata post test siklus 2 dengan kegiatan yang sama tetapi pada penggunaan waktu, materi, dan metode serta penambahan fasilitas, lebih diperhatikan diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,72 dengan ketuntasan belajar sebesar 76%. Kata kunci: konsep bangun datar segiempat, Teori belajar van Hiele, Siswa SD Y1 - 2013/06/17/ ER -