relation: http://eprints.uny.ac.id/10459/
title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,  RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)  TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI  PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN
creator: Desti, Widiyana
subject: Teknik Elektronika
description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran  ARIAS dan pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar KKPI  siswa kelas X di SMK Negeri 1 Pedan.  Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Nonequivalent  Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Pedan pada siswa  kelas X menggunakan teknik purposive random sampling, diperoleh kelas XE  sejumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XG sejumlah 38 siswa  sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan  lembar observasi dan tes prestasi belajar. Tes terdiri dari 30 butir soal pilihan  ganda dan 5 butir soal uraian untuk kompetensi dasar mengoperasikan software  spreadsheet, tes diadakan sebelum siswa memperoleh perlakuan (pretest) dan  sesudah siswa memperoleh perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang  digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata  kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas  tidak berbeda secara signifikan dibuktikan dengan uji kesamaan dua rata-rata  pretest (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,818 ≥ (sig) 0,05. Terdapat  perbedaan kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi  perlakuan berbeda dibuktikan dengan uji perbedaan dua rata-rata posttest  (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,001 < (sig) 0,05. Terdapat pengaruh  peningkatan hasil belajar KKPI bagi siswa kelas X melalui penerapan model  pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction)  dibuktikan dengan uji Anova satu jalur gain diperoleh (sig) 0,020 < (sig) 0,05.  Kata kunci: Model pembelajaran ARIAS, hasil belajar, KKPI
date: 2013
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/10459/1/Abstrak.pdf
identifier:   Desti, Widiyana  (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN.  S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.