@phdthesis{UNY10459,
          author = {Widiyana Desti},
           title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,
RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)
TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI
PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN},
            year = {2013},
          school = {Universitas Negeri Yogyakarta},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
ARIAS dan pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar KKPI
siswa kelas X di SMK Negeri 1 Pedan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Nonequivalent
Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Pedan pada siswa
kelas X menggunakan teknik purposive random sampling, diperoleh kelas XE
sejumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XG sejumlah 38 siswa
sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
lembar observasi dan tes prestasi belajar. Tes terdiri dari 30 butir soal pilihan
ganda dan 5 butir soal uraian untuk kompetensi dasar mengoperasikan software
spreadsheet, tes diadakan sebelum siswa memperoleh perlakuan (pretest) dan
sesudah siswa memperoleh perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata
kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas
tidak berbeda secara signifikan dibuktikan dengan uji kesamaan dua rata-rata
pretest (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,818 ? (sig) 0,05. Terdapat
perbedaan kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi
perlakuan berbeda dibuktikan dengan uji perbedaan dua rata-rata posttest
(Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,001 {\ensuremath{<}} (sig) 0,05. Terdapat pengaruh
peningkatan hasil belajar KKPI bagi siswa kelas X melalui penerapan model
pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction)
dibuktikan dengan uji Anova satu jalur gain diperoleh (sig) 0,020 {\ensuremath{<}} (sig) 0,05.
Kata kunci: Model pembelajaran ARIAS, hasil belajar, KKPI},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/10459/}
}