TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/10435/ ID - UNY10435 M1 - skripsi TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI HANDS ON ACTIVITY SAINS PADA KELOMPOK B DI RA HIDAYATUL QUR?AN MANISRENGGO KLATEN AV - public PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA A1 - Indah Nurhayati, Y1 - 2013/04/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak TK Kelompok B melalui Hands on activity sains di RA Hidayatul Qur?an Manisrenggo Klaten. Kemampuan kognitif dapat diukur dengan melihat perilaku-perilaku kognitif yang dimunculkan anak yang terbagi menjadi tiga kemampuan yaitu kemampuan mengingat, memahami dan mengaplikasikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom actions research) menggunakan model penelitian dari Kemmis & Taggart. Penelitian ini dilakukan secara kolabarotif, subyek penelitian ini terdiri dari 15 anak yaitu: 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan dan diakhiri dengan melakukan tes tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B, setelah diberi tindakan berupa pembelajaran sains melalui hands on activity. Peningkatan kemampuan mengingat anak mengalami kenaikan sebesar 27% dengan nilai rata-rata mencapai 8,5. Kemampuan memahami mengalami kenaikan sebesar 31% dengan nilai rata-rata mencapai 8,2. Kemampuan mengaplikasikan mengalami kenaikan sebesar 28% dengan nilai rata-rata mencapai 8,0. Dengan hasil tersebut maka hands on activity dapat menghasilkan kemajuan kognitif anak. Kata kunci: kemampuan kognitif, pembelajaran sains, Hands on activity sains ER -