%0 Thesis %9 S1 %A Maisaroh, Novi %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2013 %F UNY:10425 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VA SD N PANEMBAHAN TAHUN AJARAN 2012-2013 %U http://eprints.uny.ac.id/10425/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai kemandirian yang terdapat dalam diri siswa kelas VA SD N Panembahan dan mengkaji lebih dalam faktor-faktor yang mempengaruhinya. Fokus penelitian yang diajukan adalah nilai-nilai kemandirian belajar, nilai kemandirian belajar yang terdapat di kelas VA dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VA, orang tua siswa, guru, dan kepala sekolah SD N Panembahan. Adapun objek penelitian ini adalah faktor kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles & Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kemandirian yang terdapat dalam diri siswa kelas VA SD N Panembahan yang dominan yaitu 1) tidak bergantung pada orang lain, 2) mampu menahan diri, dan 3) mengatur tingkah laku. Sedangkan faktor yang kurang dominan muncul yaitu; 1) bertindak dengan keputusan sendiri, 2) menyelesaikan masalah sendiri, 3) memiliki rasa percaya diri, 4) bertanggung jawab atas keputusan yang diambil, 5) dapat belajar dengan orang lain, 6) termotivasi untuk belajar, 7)kreatif. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar yaitu; a) ketepatan guru masuk kelas setelah bel masuk berbunyi, b) perhatian orang tua untuk jam belajar anak di rumah, c) adanya tugas yang diberikan untuk siswa, d) rasa percaya diri siswa, e) motivasi yang diberikan guru, f) ketelatenan guru dalam memberikan penjelasan materi yang belum dipahami siswa, g) inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru, h) penggunaan media dan praktikum, i) pengkondisian kelas, j) karakter yang dikembangkan di kelas yaitu jujur, k) terpenuhinya kebutuhan fisik siswa, l) adanya sarana dan prasarana dalam proses belajar, m) lingkungan yang kondusif, n) komunikasi antara guru dan siswa, dan o) teman sepermainan. Saran yang dapat diberikan yaitu guru hendaknya melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan kemandirian siswa, memberikan teladan kepada siswa dengan semua stake holder sekolah, dan orang tua memberikan perhatian yang lebih intensif kepada putra-putrinya. Kata Kunci: nilai kemandirian belajar, faktor yang mempengaruhi dan siswa kelas V SD