%L UNY10415 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Festo Fluidsim pada mata pelajaran Pneumatik untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XII SMK MUDA PATRIA Kalasan apabila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang diberlakukan di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan jumlah populasi 59 siswa dan sampel penelitiannya adalah kelas XIIA 18 siswa dan XIIC 18 siswa di SMK MUDA PATRIA Kalasan. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas media pembelajaran Festo Fluidsim dan media pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa efektivitas media pembelajaran Festo Fluidsim masuk dalam kriteria sedang yaitu dengan indeks normalized gain sebesar 0.36, efektivitas media pembelajaran konvensional masuk dalam kriteria rendah yaitu dengan indeks normalized gain sebesar 0.03 dan peningkatan hasil belajar dengan media pembelajaran Festo Fluidsim lebih baik dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar media pembelajaran konvensional pada mata pelajaran pneumatik Kelas XII SMK MUDA PATRIA Kalasan. Berdasarkan hasil uji t dari nilai rata-rata hasil belajar diperoleh %A Adhyatma Dian Dwi %I Fakultas Teknik %D 2013 %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FESTO FLUIDSIM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PNEUMATIK SISWA KELAS XII DI SMK MUDA PATRIA KALASAN