%0 Thesis %9 D3 %A Dwi Anggoro , Priyono %B Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan %D 2013 %F UNY:10402 %I Fakultas Teknik %T OPTIMASI ASPAL SHELL TERHADAP KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL BETON MENGGUNAKAN VARIASI AGREGAT BANTAK DAN PROGO %U http://eprints.uny.ac.id/10402/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik Marshall menggunakan bahan pengikat aspal Shell (Singapore) 60/70 dengan menggunakan variasi agregat Bantak dan Progo, ditinjau dari nilai Kepadatan (Density), Stabilitas Marshall, Kelelehan (Flow), VFB (Void Filled Bitumen), VIM (Void in Mix), VMA (Void in Mineral Agregate), MQ (Marshall Quotient). Penelitian ini menggunakan pengujian campuran beraspal Shell (Singapore) dengan Metode Marshall. Kadar aspal yang digunakan berturut-turut sebesar 5%; 5,5%; 6%; 6,5%; dan 7% dengan masing-masing varian dibuat 3 benda uji. Pelaksanaan penelitian dilakukan di Laboratorium Bahan Bangunan Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Tahapan pelaksanaan meliputi pemeriksaan agregat (agregat halus dan agregat kasar), pemeriksaan filler, pembuatan benda uji campuran beton aspal dan pengujian menggunakan Metode Marshall. Hasil uji kinerja karakteristik Marshall pada Kadar Aspal Optimum (KAO) 7% adalah sebagai berikut: nilai rerata Stabilitas Marshall 1.686,57 kg, nilai rerata Kepadatan (Density) 2,20 gr/cc, nilai rerata Kelelehan (Flow) 3,23 mm, nilai rerata VIM (Void in Mix) 5,34%, nilai rerata VMA (Void in Mineral Agregat) 16,63%, nilai rerata VFB (Void Filled Bitumen) 68,63%, dan nilai rerata MQ (Marshall Quotient) 521,619 kg/mm.