TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/10401/ AV - public TI - HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS IX TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013 M1 - skripsi ID - UNY10401 PB - Fakultas Teknik A1 - Debbie Ahmad , Nusyera N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan intensitas penggunaan fasilitas laboratorium komputer dengan hasil belajar TIK siswa kelas XI jurusan teknik komputer dan jaringan SMKN 2 Depok Sleman TA 2012/2013, (2) hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar TIK siswa kelas XI jurusan teknik komputer dan jaringan SMKN 2 Depok Sleman TA 2012/2013, (3) hubungan intensitas penggunaan fasilitas laboratorium komputer dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar TIK siswa kelas XI jurusan teknik komputer dan jaringan SMKN 2 Depok Sleman TA 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto yang bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan teknik komputer dan jaringan SMKN 2 Depok Sleman TA 2012/2013 yang berjumlah 62 siswa. Metode pengambilan data untuk variabel Intensitas Penggunaan Fasilitas Laboratorium Komputer dan Motivasi Belajar menggunakan kuesioner model angket tertutup dengan skala likert, sedangkan untuk variabel Hasil Belajar TIK menggunakan metode dokumentasi berupa nilai raport mata pelajaran TIK dari semester satu sampai dengan semester dua. Validitas instrumen penelitian diuji dengan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis 1 dan 2 adalah korelasi Product moment, sedangkan hipotesis 3 dengan teknik analisis regresi ganda dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan positif antara Intensitas Penggunaan Fasilitas Laboratorium Komputer (X1) dengan Hasil Belajar TIK (Y) yang ditunjukkan dengan harga rx1y 0.515 dan r2x1y 0.265 serta SE sebesar 14.6% dan SR sebesar 44.2%. (2) ada hubungan positif antara Motivasi Belajar (X2) dengan Hasil Belajar TIK (Y) yang ditunjukkan dengan harga rx2y 0.532 dan r2x2y 0.283 serta SE sebesar 18.3% dan SR sebesar 55.8%. (3) ada hubungan positif antara Intensitas Penggunaan Fasilitas Laboratorium Komputer (X1), dan Motivasi Belajar (X2) secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar TIK (Y) yang ditunjukkan koefisien regresi ganda Ry(1,2) sebesar 0.573 dengan nilai interpretasi korelasi sedang dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0.329 yang berarti bahwa 32.9 % perubahan variabel Hasil Belajar TIK (Y) dapat diterangkan oleh variabel Intensitas Penggunaan Fasilitas Laboratorium Komputer (X1) dan Motivasi Belajar (X2). Y1 - 2013/04// ER -