TY - THES A1 - Utami, Jari PB - Universitas Negeri Yogyakarta N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Jawa dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SD Negeri 3 Tlogowatu Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Tlogowatu Klaten yang berjumlah 25 siswa. Objek penelitiannya adalah keterampilan berbicara bahasa Jawa. Desain penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus ada empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi (pengamatan) dan penilaian keterampilan berbicara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Tlogowatu Klaten. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kondisi awal nilai rata-rata siswa sebesar 61,75 menjadi 69,75 dengan persentase ketuntasan kondosi awal 24% menjadi 64%. Nilai rata-rata siswa pada siklus II menjadi 81,5 dengan persentase ketuntasan 96%. Kata Kunci: keterampilan berbicara bahasa jawa, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, SD Y1 - 2013/03/18/ UR - http://eprints.uny.ac.id/10330/ AV - public TI - UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SD NEGERI 3 TLOGOWATU KLATEN ID - UNY10330 M1 - skripsi ER -