TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/10329/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman kepala sekolah dan guru tentang pengertian pendidikan karakter, nilai-nilai karakter yang dikembangkan, dan implementasi pendidikan karakter di SD Negeri Kraton Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pengertian pendidikan karakter antara kepala sekolah dan guru tidak jauh berbeda. Kepala sekolah memahami pendidikan karakter untuk mendidik dan membentuk anak-anak agar berkepribadian yang baik. Guru memahami pendidikan karakter sebagai suatu tuntunan dalam membentuk kepribadian anak supaya memiliki perilaku yang baik dan akhlak yang bagus. Nilai karakter yang dikembangkan yaitu religius, jujur, disiplin, semangat kebangsaan, cinta tanah, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab. Bentuk implementasi pendidikan karakter di SD Negeri Kraton Yogyakarta dapat dilihat dari pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam program pengembangan diri, mata pelajaran, dan budaya sekolah. Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam program pengembangan diri meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam budaya sekolah meliputi kegiatan kelas, sekolah dan luar sekolah. Kata kunci: pendidikan karakter, nilai-nilai karakter ? M1 - skripsi A1 - Aini, Ulya Nurul PB - Universitas Negeri Yogyakarta TI - IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI KRATON YOGYAKARTA AV - public Y1 - 2013/07/07/ ID - UNY10329 ER -