@phdthesis{UNY10317, year = {2013}, school = {UNY}, title = {UPAYA PENCAPAIAN STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL (SKBM) MATA PELAJARAN PERBAIKAN SISTEM KELISTRIKAN OTOMOTIF (PSKO) MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PESERTA DIDIK KELAS XI TKR }, author = {ARIFIN NURCHOLISH }, month = {April}, url = {http://eprints.uny.ac.id/10317/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif model STAD pada mata pelajaran PSKO peserta didik kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Seyegan; 2) Mengetahui pencapaian SKBM mata pelajaran PSKO peserta didik kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Seyegan setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKR yang berjumlah 33 peserta didik. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif model STAD. Test digunakan untuk mengetahui pencapaian SKBM mata pelajaran PSKO. Langkah-langkah dalam penelitian ini meliputi pre-test untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, pemberian materi, diskusi kelompok, dan posttest untuk mengukur pencapaian SKBM mata pelajaran PSKO. Pelaksanaan pembelajaran kooperatif pada siklus I dikategorikan baik, sedangkan pada siklus II dikategorikan sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pencapaian SKBM mata pelajaran PSKO dengan hasil siklus I saat pre-test sebesar 0\% dengan nilai rata-rata 20,53, saat posttest sebesar 48,48\% dengan nilai rata-rata 71,47, sedangkan pada siklus II saat pre-test sebesar 0\% dengan nilai rata-rata 37,00, saat posstest sebesar 87,88\% dengan nilai rata-rata 81,39. } }