@phdthesis{UNY10300, author = {Makmun Basuki}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE MENJIPLAK PADA SISWA KELAS II SD BANYUDONO 4 DUKUN MAGELANG }, year = {2013}, month = {March}, url = {http://eprints.uny.ac.id/10300/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis tegak bersambung melalui menerapkan metode menjiplak pada siswa kelas II SD Negeri Banyudono 4 Dukun Magelang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Banyudono 4 Dukun Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahapan untuk setiap siklusnya. Tahap?tahap untuk setiap sikius tersehut adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dan observasi kegiatan pembelajaran menulis tegak bersambung. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif yang disajikan dengan tabel dan juga secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis permulaan pada siklus I ke sikius II. Peningkatan ini diketahui dari hasil tes evaluasi akhir siklus yang mencapai nilai rata?rata kelas pada siklus I yaitu 65,58 dan jumlah siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal belajar ada 15 siswa atau 57,69\%. Pada sikius II rata? rata kelas menjadi 83,27 dan jumlah siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal belajar ada 22 siswa atau 84,62\%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode menjiplak dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung pada siswa kelas II SD Negeri Banyudono 4 Dukun Magelang.} }