%X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri Sumber 1 Berbah, Sleman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sumber 1 Berbah dengan jumlah sebesar 25 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan untuk hasil tes siswa adalah analisis deskriptif kuantitatif. Keberhasilan pencapaian indikator hasil siswa adalah 75% siswa yang tuntas mencapai KKM. Hasil penelitian ini bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Sumber 1 Berbah. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai siswa setelah adanya tindakan siklus I dan siklus II. Keterampilan menulis siswa melalui pembelajaran kontekstual setelah tindakan siklus I meningkat sebesar 7,2 (dengan kondisi awal 64,28 meningkat menjadi 71,48) dan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi setelah tindakan siklus II sebesar 14,72 (dengan kondisi awal 64,28 meningkat menjadi 79). Peningkatan persentase ketuntasan nilai siswa setelah tindakan siklus I adalah 56% dan peningkatan persentase ketuntasan setelah siklus II sebesar 88%. Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Karangan Narasi, Pembelajaran Kontekstual, Siswa Kelas V. %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SUMBER I BERBAH SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013. %D 2013 %A Farida Faizah Inayati %L UNY10295 %I Universitas Negeri Yogyakarta