%0 Thesis %9 S1 %A WIJAYANTI, ENY %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2013 %F UNY:10292 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS IVA SD NEGERI JAGERAN SEWON BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/10292/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan model pembelajaran kontekstual siswa kelas IVA SD Negeri Jageran, Sewon, Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri Jageran berjumlah 25 siswa. Desain penelitian menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini: (1) tes, (2) catatan lapangan, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Dari hasil penelitian ini, diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi di kelas IVA SD Negeri Jageran, Sewon, Bantul. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siklus I sebesar 8%, dari kondisi awal 65% meningkat menjadi 73% dan peningkatan pada siklus II sebesar 19%, dari kondisi awal 65% meningkat menjadi 84%. Kata kunci: menulis karangan narasi, model pembelajaran kontekstual