%D 2013 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %T PEMBELAJARAN KOMPUTER KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI 2 YOGYAKARTA %X Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan proses pembelajarankomputer yang meliputiperencanaan, pelaksanaan, penilaian, faktorpendukungdanpenghambatsertaupaya guru dalammengatasihambatanpadapembelajarankomputerkelompok B di Taman Kanak-KanakNegeri 2 Yogyakarta. Subjekpenelitianiniadalahanakkelompok B1 yang berjumlah 24 anak di Taman Kanak-KanakNegeri 2 Yogyakarta denganusia 5-6 tahun. Teknikpengambilansampeldilakukandengan sampling acak(random sampling).Tempatpenelitian di ruanglaboratoriumkomputer.Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiandeskriptifkualitatifdenganjenispenelitianstudikasus.Teknikpengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dokumentasidantriangulasi.Analisis data kualitatifpadapenelitianini, aktivitasnyadilakukandenganreduksi data,penyajian data dankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa proses pembelajarankomputerkelompok B di Taman Kanak-KanakNegeri 2 Yogyakarta yaitu: (1) Perencanaanpembelajarankomputerterdiridari:tujuanpembelajaranuntukmengenalkanperangkatkomputerdanfungsinya, memberikanpembelajarankomputer yang menyenangkandengangameedukasi; pemilihanmateridilakukansesuaidengan program semester danusiaanak; metodepembelajarandilakukandenganmetodedemonstrasi, belajarkooperatifdanpenemuanterbimbing; media danruangpembelajaran yang sesuaisertalayakbagianak (2) Pelaksanaankegiatanpembelajarankomputerdilakukandenganalokasiwaktu 60 menit yang terdiridarikegiatanpembuka, intidanpenutup. (3) Penilaiandilakukandenganmetodepengamatandanpercakapansetiaphari, pemberiantugas yang menghasilkankaryaanaksebagaiportofolio. Padasetiapakhir semester pertama, anakakanmenerimaraportpembelajarankomputerdanpadaakhir semester kedua, anakakanmenerimaraportpembelajarankomputerdisertaidengansertifikatpembelajarankomputer. (4) Faktorpendukungyaitu program semester dapatdibuatoleh guru, memilikiperangkatkomputerdanlaboratoriumkomputer. Faktorpenghambatyaitu CD interaktif yang kadangtidaksesuaianakdankurikulum TK, terjadinyapemadamanlistrikdanmatilampumendadakpadasaatprosespembelajarankomputer. (5) Upaya guru mengatasihambatanyaitu guru melakukansurveiterlebihdahulusebelummenggunakan CD interaktif, mengaturalokasiwaktuapabilaadapemadamanlistrikbergilirdanmelakukankegiatanbelajardikelasbilaterjadimatilampupadasaat proses pembelajarankomputer. %A Ina YaniNurAiniy %L UNY10286