TY - THES Y1 - 2013/03// ID - UNY10239 TI - EFEKTIVITAS PROGRAM MAKAN SIANG SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER ANAK DI SDIT BINA ANAK SHOLEH (BIAS) GIWANGAN YOGYAKARTA PB - UNY A1 - Mauli Mayanadia , Utami AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) seberapa besar reaksi kesukaan siswa terhadap program makan siang di sekolah (reaction); (2) sejauh mana peningkatan nilai akhlak aplikatif siswa (learning); (3) sejauh mana pemahaman perilaku siswa selama mengikuti program makan siang di sekolah (behavior); (4) efektivitas program makan siang di sekolah dalam menumbuhkan nilai karakter anak (result). Penelitian ini merupakan penelitian Evaluasi model 4 level. Penelitian dilakukan mulai dari bulan Maret 2012 sampai dengan Februari 2013. Lokasi penelitian di SDIT Bina Anak Sholeh Giwangan Yogyakrta. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa dari kelas III SDIT Bina Anak Sholeh Giwanan Yogyakarta. Teknik pengambilan data menggunakan, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment dan realibilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji validitas butir soal pada instrumen angket level reaction semua dinyatakan valid dan pada angket level behavior terdapat 4 butir soal gugur. Reliabilitas data menunjukkan r11 0,632 yang lebih besar dari ttabel 0,355 sehingga data yang dianalisis reliabel. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) level reaction pada kesukaan terhadap menu makan siang di sekolah sangat disukai siswa dengan kategori sangat tinggi, reaksi kesukaan siswa terhadap fasilitas alat dan suasana saat makan siang di sekolah termasuk sangat tinggi, dan indikator penyampaian materi pembiasaan akhlak makan sangat disukai siswa dengan ketegori sangat tinggi; (2) level Learning (belajar) nilai akhlak aplikatif siswa berada pada kategori tinggi; (3) level behavior (perilaku) siswa selama mengikuti program makan siang di sekolah pada aspek nilai tanggung jawab pada kategori sangat tinggi, aspek nilai kepedulian kategori sedang, aspek nilai disiplin kategori tinggi, aspek nilai kejujuran tinggi, dan aspek nilai ketekunan yang tumbuh pada diri anak sangat tinggi; (4) level result (hasil) program makan siang di SDIT Bina Anak Sholeh Giwangan Yogyakarta cukup efektif dalam menumbuhkan nilai karakter anak. M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/10239/ ER -