TY - THES A1 - Marina, Rina Dewi PB - Universitas Negeri Yogyakarta N2 - Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan menggunakan peta konsep khususnya kelas V SD Negeri Wonoroto, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan ( observasi ), wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan peta konsep, pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Wonoroto, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang.Peningkatan prestasi belajar siswa tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata ? rata kelas dan peningkatan nilai individu siswa. Dengan nilai rata-rata kelas adalah 57,4 dengan pencapaian KKM 11 siswa (47,8%) sebelum dilaksankan tindakan kelas, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 7,8 (13,6%) dan nilai rata-rata kelas menjadi 65,2 dengan pencapaian KKM 20 siswa (87%). serta pada siklus II meningkat 6,7 (9,4%) dari siklus sebelumnya, sehingga nilai rata-rata kelas menjadi 71,9 dengan pencapaian KKM 22 siswa (95,7%). Kata kunci : metode peta konsep, prestasi belajar IPS, SD Negeri Wonoroto. Y1 - 2013/02/28/ UR - http://eprints.uny.ac.id/10219/ M1 - skripsi ID - UNY10219 TI - PENGGUNAAN PETA KONSEP ( CONCEPT MAPPING ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN WONOROTO, KECAMATAN WINDUSARI, KABUPATEN MAGELANG AV - public ER -