@phdthesis{UNY10219, author = {Rina Dewi Marina}, title = {PENGGUNAAN PETA KONSEP ( CONCEPT MAPPING ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN WONOROTO, KECAMATAN WINDUSARI, KABUPATEN MAGELANG}, month = {February}, year = {2013}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/10219/}, abstract = {Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan menggunakan peta konsep khususnya kelas V SD Negeri Wonoroto, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan ( observasi ), wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan peta konsep, pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Wonoroto, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang.Peningkatan prestasi belajar siswa tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata ? rata kelas dan peningkatan nilai individu siswa. Dengan nilai rata-rata kelas adalah 57,4 dengan pencapaian KKM 11 siswa (47,8\%) sebelum dilaksankan tindakan kelas, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 7,8 (13,6\%) dan nilai rata-rata kelas menjadi 65,2 dengan pencapaian KKM 20 siswa (87\%). serta pada siklus II meningkat 6,7 (9,4\%) dari siklus sebelumnya, sehingga nilai rata-rata kelas menjadi 71,9 dengan pencapaian KKM 22 siswa (95,7\%). Kata kunci : metode peta konsep, prestasi belajar IPS, SD Negeri Wonoroto. } }