%0 Thesis %9 S1 %A Larasati, Lisa Kurnia %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2013 %F UNY:10213 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI SIDOMULYO, KEC. SECANG, KAB. MAGELANG %U http://eprints.uny.ac.id/10213/ %X Tujuan Penelitian Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Melalui Metode Sosiodrama.Jenis Penelitian Ini Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilaksanakan Dalam 2 Siklus Dengan Subjek Penelitian Siswa Kelas Va Sd Negeri Sidomulyo Yang Berjumlah 16 Siswa Yaitu 9 Laki-Laki Dan 10 Perempuan. Instrumen Penelitian Tes Dan Lembar Observasi. Validitas Instrumen Digunakan Expert Judgement. Data Dianalisis Secara Deskriptif Kuantitatif Dan Kualitatif. Indikator Keberhasilan Penelitian Ini Ditandai Dengan Prestasi Belajar Ips Materi Perjuangan Melawan Penjajah 75% Siswa Mencapai Kkm Baik Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotor.Hasil Penelitian Menunjukkan Dengan Diterapkannya Metode Sosiodrama, Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Va Meningkat. Terbukti Dengan Nilai Rata-Rata Pasca Tindakan Siklus I Sebesar 66,5 Dengan Pencapaian Kkm 62,5%, Pascatindakan Siklus Ii Sebesar 81,8 Dengan Pencapaian Kkm 93,75% Atau Mengalami Peningkatan Sebesar 15,3 Untuk Ranah Kognitif. Sedangkan Untuk Ranah Afektif Nilai Rata-Rata Pada Siklus I 80,4 (Sangat Baik) Dan Siklus Ii 86 (Sangat Baik). Pencapaian Kkm Pada Siklus I Dan Siklus Ii Semua Mencapai 100%. Untuk Ranah Psikomotor Nilai Rata-Rata Siswa Pada Siklus I Sebesar 76,5 (Cukup) Dengan Pencapaian Kkm 43,75% Dan Pada Siklus Ii Menjadi 120 (Sangat Baik) Dengan Pencapaian Kkm 100%. Kata Kunci : Prestasi Belajar Ips, Metode Sosiodrama, Siswa Kelas V