%0 Thesis %9 S1 %A Prihadi, Iksan %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2013 %F UNY:10211 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PERSEPSI SISWA KELAS TINGGI TENTANG KETERAMPILAN PEMBERIAN PENGUATAN GURU DI SD SE GUGUS R.A. KARTINI KECAMATAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO %U http://eprints.uny.ac.id/10211/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas tinggi tentang keterampilan pemberian penguatan guru di Sekolah Dasar se Gugus R.A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SD se Gugus R.A. Kartini sebanyak 331 siswa yang tersebar di 7 sekolah. Pengambilan sampel sejumlah 77 siswa dilakukan dengan teknik cluster proportional random sampling. Data penelitian diperoleh dari angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan persepsi siswa kelas tinggi tentang keterampilan pemberian penguatan di Sekolah Dasar se Gugus R.A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo termasuk dalam kategori rendah dengan persentase sebesar 54,46%. Kata kunci: persepsi, keterampilan pemberian penguatan, guru