TY - THES A1 - Erna Wuliastuti, PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Y1 - 2013/02/26/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains menggunakan media lingkungan alam pada anak kelompok B2 TK Al Hidayah Terbah, Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Al Hidayah Terbah, Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta, yang berjumlah 16 anak terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes lisan. Metode analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media lingkungan alam dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan hasil belajar sains anak kelompok B2 TK Al Hidayah Terbah Pengasih, Kulon Progo terbukti kemampuan psikomotor (percobaan sederhana) pada pra tindakan 34,58% pada siklus I menjadi 44,47% pada siklus II menjadi 80,14% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 94,58%. Kemampuan kognitif (pemahaman) terhadap konsep pada pra tindakan diperoleh 32,30% pada siklus I menjadi 48,23%, pada siklus II menjadi 78,12% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 93,68%. Kemampuan afektif (sikap peka terhadap lingkungan) diperoleh persentase yang mengalami peningkatan pada pratindakan 13,54% pada siklus I menjadi 35,76% pada siklus II menjadi 81,60% dan pada siklus III menjadi 98,26%. Kata Kunci : hasil belajar sains, media lingkungan alam UR - http://eprints.uny.ac.id/10202/ TI - MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK B2 TK AL HIDAYAH TERBAH, PENGASIH, KULON PROGO, YOGYAKARTA AV - public ID - UNY10202 M1 - skripsi ER -