eprintid: 10156 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1141 dir: disk0/00/01/01/56 datestamp: 2013-02-21 00:51:50 lastmod: 2019-01-29 18:29:29 status_changed: 2013-02-21 00:51:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FUAT , MUHCLISIN title: PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DENGAN PENDEKATAN PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MOTOR DIESEL DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA ispublished: submitted subjects: D3 subjects: t_otomotif divisions: ft_jurdik_otomotif_pend_otomotif full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran Quantum Learning dengan pendekatan Peta Pikiran (Mind Mapping) terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Teknologi Motor Diesel di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII TKR 3 sebagai kelas kontrol dan XII TKR 4 sebagai kelas eksperimen angkatan 2012/2013 yang berjumlah masing-masing siswa 32 siswa dan 30 siswa. Pengambilan sampel digunakan acak kelas dengan pengambilan sampel 2 kelas dari jumlah populasi sebanyak 4 kelas. Proses pengumpulan data menggunakan metode test, yaitu pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) setelah dilaksanakan treatment. Analisis yang digunakan untuk mengetahui perbedaan prestasi siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen digunakan analisis uji t-test. Sebelum dilaksanakan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji instrumen dan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran quantum learning dengan pendekatan peta pikiran (mind mapping) terhadap prestasi siswa lebih tinggi bila dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Teknologi Motor Diesel di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji-t sebesar 0,1746 lebih kecil dari t tabel sebesar 2,00. Uji homogenitas pretest siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar (Fh=1,3366