%0 Journal Article %@ 978-979-16353-8-7 %A Allen Marga, Retta %D 2012 %F UNY:10127 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa %T PENGEMBANGAN MATERI INTEGRAL BERBASIS MODUL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI %U http://eprints.uny.ac.id/10127/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul yang valid, praktis dan berpotensial efek yang baik di Program Studi Pendidikan Biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini terdiri dari dua tahapan, yaitu tahap pendahuluan dan tahap pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah modul pada materi integral. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah walk through, wawancara, dokumentasi dan tes. Walk through dilakukan untuk mengetahui gambaran tentang kevalidan, wawancara dilakukan untuk mengetahui informasi mengenai pembelajaran kalkulus, dokumentasi dilakukan untuk mengetahui gambaran tentang kepraktisan, sedangkan tes digunakan untuk melihat pengaruh modul terhadap hasil belajar mahasiswa setelah belajar dengan menggunakan modul. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan penilaian dari validator, modul yang disusun peneliti termasuk dalam kategori valid.(2) Berdasarkan dokumentasi diperoleh berupa catatan mengenai proses kegiatan belajar yang dilakukan oleh mahasiswa, sehingga modul dapat dikatakan praktis untuk digunakan; (3) Hasil belajar mahasiswa pada tahap field test yaitu dengan rata-rata 78,8 termasuk dalam kategori baik. Kata Kunci: modul, hasil belajar