%J Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa %D 2012 %T PEMANFAATAN PROGRAM CABRI 3D DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX SMP DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %X Matematika merupakan ilmu yang bersifat universal, sehingga pemahaman siswa akan pelajaran matematika harus benar-benar menjadi perhatian. Agar tujuan pembelajaran tercapai maka guru matematika perlu berinovasi dan memilih media pembelajaran yang tepat. Program Cabri 3D merupakan salah satu tool bantu dalam pembelajaran matematika, salah satunya adalah pembelajaran materi bangun ruang sisi lengkung. Kemampuan-kemampuan yang dimiliki Cabri 3D yaitu mampu memvisualkan bangun ruang secara tiga dimensi. Gambaran tiga dimensi inilah yang membantu siswa untuk memahami bentuk, sifat, bagian, luas permukaan serta volume bangun ruang. Pemanfaatan Program Cabri 3D dengan metode inquiry dalam pembelajaran matematika diharapkan dapat membantu mengatasi kekurangpahaman siswa untuk materi bangun ruang sisi lengkung sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam pembelajarannya pemanfaatan program Cabri 3D dilengkapi dengan student worksheet, dan dikembangkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kata kunci: Bangun Ruang Sisi Lengkung, Cabri 3D, Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar Siswa. %A Friska Anggun Diana Sari %A Kuswari Hernawati %K Bangun Ruang Sisi Lengkung, Cabri 3D, Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar Siswa %L UNY10120