TY - JOUR JF - Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa UR - http://www.uny.ac.id AV - public TI - MENGEMBANGKAN SIKAP SALING MENGHARGAI MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA: UPAYA MEMPERBAIKI KARAKTER BANGSA PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY A1 - Elly, Arliani N2 - Upaya memperbaiki karakter bangsa dapat dilakukan melalui pembelajaran matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam pembelajaran matematika adalah mengembangkan sikap saling menghargai. Guru yang baik akan menghargai setiap pertanyaan siswa dan berusaha membuat siswanya belajar dengan penuh semangat meskipun pertanyaan-pertanyaan siswa berupa pertanyaan mendasar yang jawabannya seharusnya sudah mereka ketahui. Sikap guru yang menghargai siswanya akan membuat siswa semakin menghargai gurunya dan semakin termotivasi untuk belajar. Selain membantu siswa belajar bagaimana memahami konsep-konsep matematika, peran guru sebagai fasilitator adalah juga membantu para siswa bersosialisasi dengan teman-temannya. Siswa yang pandai diminta untuk membantu temannya yang kurang pandai akan menumbuhkan sikap saling menghargai diantara mereka. Pembelajaran yang mengembangkan sikap saling menghargai, jika dilaksanakan terus menerus akan membuat siswa menghargai orang-orang di sekelilingnya sehingga tercipta suasana damai dan tidak akan ada lagi tawuran ataupun kekerasan di kalangan siswa. Kata kunci: sikap saling menghargai, pembelajaran matematika, karakter bangsa Y1 - 2012/11/10/ SN - 978-979-16353-8-7 KW - sikap saling menghargai KW - pembelajaran matematika KW - karakter bangsa ID - UNY10118 ER -