relation: http://eprints.uny.ac.id/10115/ title: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GRAFIK FUNGSI KUADRAT DI KELAS X SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 creator: Yulia Tri, Widyaningrum creator: Ch. Enny, Murwaningtyas subject: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012 description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran GeoGebra terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi grafik fungsi kuadrat di kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuasi dengan jumlah siswa kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 32 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan pretes, postes dan angket motivasi belajar. Analisis data digunakan analisis uji z. Hasil analisis data dengan uji z pada taraf kepercayaan 95% menunjukan bahwa: (1) motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan GeoGebra lebih tinggi dibandingkan siswa di kelas kontrol yang tidak menggunkan GeoGebra (2) hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan GeoGebra lebih baik dibandingkan siswa di kelas kontrol yang tidak menggunakan GeoGebra. Dari hasil analisis di atas penulis menarik kesimpulan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan GeoGebra. Jadi GeoGebra dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci: GeoGebra, Motivasi dan Hasil Belajar, Grafik fungsi kuadrat publisher: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY date: 2012-11-10 type: Article type: PeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/10115/1/P%20-%20103.pdf identifier: Yulia Tri, Widyaningrum and Ch. Enny, Murwaningtyas (2012) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GRAFIK FUNGSI KUADRAT DI KELAS X SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7 relation: http://www.uny.ac.id