TY - JOUR SN - 978-979-16353-8-7 JF - Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa A1 - Yohanes Aditya, Kurniawan A1 - Ch. Enny, Murwaningtyas TI - PENGARUH PROGRAM BRIDGING COURSE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII CERDAS SMP KANISIUS PAKEM N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program Bridging Course terhadap hasil belajar siswa kelas VII Cerdas SMP Kanisius Pakem Tahun Ajaran 2012 / 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif-kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi langsung melalui pengamatan di kelas, observasi tidak langsung melalui informasi dari guru matematika. Penelitian ini dilakukan di satu kelas saja yaitu kelas VII Cerdas. Penelitian ini dilakukan hampir 10 kali pertemuan dimana 1 kali pertemuan adalah 2 x 40 menit. Penelitian ini mengikuti sistem Bridging Course itu sendiri yaitu Pre Test ? Course ? Post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar / nilai dari pre test ke post test setelah melalui course walaupun tidak secara signifikan kenaikannya. Kata kunci: Program Bridging Course, Pretest, Posttest, Hasil Belajar Y1 - 2012/11/10/ KW - Program Bridging Course KW - Pretest KW - Posttest KW - Hasil Belajar PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY AV - public UR - http://www.uny.ac.id ID - UNY10114 ER -