TY - JOUR UR - http://www.uny.ac.id N2 - MEMBANGUN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI KETRAMPILAN KOMUNIKASI Pembentukan dan pembinaan karakter guru dan peserta didik melalui pembelajaran matematika merupakan daya upaya untuk membentuk watak dan identitas bangsa Indonesia. Guru adalah komponen strategis dalam proses pendidikan selain peserta didik dan kurikulum. Aktivitas pembelajaran ditandai dengan interaksi antara guru dengan peserta didik sehingga guru dituntut memiliki kompetensi sosial, dan kepribadian selain kognitif, dan pedagogis. Transfer ilmu pengetahuan akan efektif jika guru dan peserta didik mampu berkomunikasi dengan baik dan bersemangat untuk membuat suasana belajar yang menyenangkan. Komunikasi akan efektif dalam pembelajaran jika penyampaian pesan atau informasi sesuai tujuan yang diharapkan. Tujuan pembelajaran matematika adalah agar peserta didik memiliki kemampuan menggunakan matematika sebagai alat komunikasi dan pemecahan masalah dengan cara berfikir kritis, logis, obyektif, bersifat jujur, disiplin, dan sistematis. Dengan demikian keterampilan komunikasi guru menjadi kompetensi yang strategis untuk menumbuhkembangkan karakter peserta didik melalui aktivitas penyampaian ilmu pengetahuan yang komunikatif sertapemberian teladan melalui sikap atau etika berkomunikasi. Keberadaan soft skills peserta didik juga akan berkembang melalui pembiasaan dan keterampilan komunikasi yang baik saat pembelajaran matematika yang interaktif dan menyenangkan. Kata kunci: karakter, pembelajaranmatematika, keterampilankomunikasi TI - MEMBANGUN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI KETRAMPILAN KOMUNIKASI A1 - Urip, Tisngati AV - public SN - 978-979-16353-8-7 PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Y1 - 2012/11/10/ ID - UNY10108 KW - karakter KW - pembelajaranmatematika KW - keterampilankomunikasi JF - Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa ER -