eprintid: 10098 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 2 dir: disk0/00/01/00/98 datestamp: 2013-02-12 07:23:46 lastmod: 2013-02-12 07:23:46 status_changed: 2013-02-12 07:23:46 type: article metadata_visibility: show creators_name: Sri Hastuti, Noer creators_id: hastuti_noer@yahoo.com title: SELF-EFFICACY MAHASISWA TERHADAP MATEMATIKA ispublished: pub subjects: snmpm_2012 divisions: fmipa_jurdik_math_pend_math full_text_status: public keywords: Self-efficacy terhadap Matematika abstract: Aspek kognitif dan afektif secara simultan sangat berpengaruh dalam pencapaian prestasi belajar mahasiswa. Salah satu bagian dari aspek afektif yang berperan penting dalam belajar matematika adalah self-efficacy. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah self-efficacy terhadap matematika mahasiswa program studi matematika PMIPA FKIP Unila. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa matematika PMIPA FKIP Unila. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang menempuh matakuliah Trigonometri pada semester ganjil tahun akademik 2012-2013. Penelitian dilakukan pada dua kelas yakni kelas A yang terdiri atas 32 orang mahasiswa dan kelas B yang terdiri atas 38 mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam self-efficacy terhadap matematika pada mahasiswa yang memiliki kemampuan awal yang berbeda (tinggi, sedang, dan rendah), (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam self-efficacy mahasiswa yang berasal dari kelas yang berbeda (kelas A dan B), (3) secara keseluruhan mahasiswa memiliki self-efficacy yang positif terhadap matematika. Kata kunci: Self-efficacy terhadap Matematika date: 2012-11-10 publication: Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa publisher: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY refereed: TRUE issn: 978-979-16353-8-7 official_url: http://www.uny.ac.id citation: Sri Hastuti, Noer (2012) SELF-EFFICACY MAHASISWA TERHADAP MATEMATIKA. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7 document_url: http://eprints.uny.ac.id/10098/1/P%20-%2086.pdf