%0 Journal Article %@ 978-979-16353-8-7 %A Setyawati, S.Pd.Si %A Dr. Ibrahim, %D 2012 %F UNY:10095 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa %K Reciprocal Teaching, Drill soal, Pemahaman konsep, Motivasi belajar, Kemampuan Matematika Umum %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DILENGKAPI DRILL SOAL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA UMUM SISWA %U http://eprints.uny.ac.id/10095/ %X EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DILENGKAPI DRILL SOAL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA UMUM SISWA Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dilengkapi Drill soal lebih efektif dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dilengkapi Drill soal lebih efektif dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.(3) mengetahui interaksi antara pembelajaran dan kemampuan matematika umum dalam peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. (4) mengetahui interaksi antara pembelajaran dan kemampuan matematika umum dalam peningkatan motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan Quasi Experimental dengan desain penelitian The Non equivalent Control Group Design. Variabel penelitian yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran dan variabel terikat berupa pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 14 Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes, angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang dipakai adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Data yang dianalisis adalah nilai normal gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata normal gain tes pemahaman konsep dan angket motivasi belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih efektif dari nilai rata-rata normal gain siswa kelas kontrol. Faktor pembelajaran dan kemampuan matematika umum siswa memberikan pengaruh yang signifikan dalam peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa. Tidak adanya interaksi menunjukkan bahwa masing-masing kelompok mengalami peningkatan pada pemahaman konsep matematika dan motivasi belajarnya. Kata Kunci : Reciprocal Teaching, Drill soal, Pemahaman konsep, Motivasi belajar, Kemampuan Matematika Umum.