@article{UNY10091, title = {HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA DI KOTA BENGKULU}, publisher = {Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY}, author = {Risnanosanti Risnanosanti}, month = {November}, year = {2012}, journal = {Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa}, url = {http://eprints.uny.ac.id/10091/}, keywords = {Hypothetical Learning Trajectory, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis}, abstract = {Pembelajaran matematika bertujuan tidak hanya agar siswa menguasai materi matematika namun juga diharapkan berkembangnya kemampuan berpikir dalam diri siswa. Salah satu kemampuan berpikir yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan berpikir kreatif matematis. Kesiapan siswa dalam melaksanakan pembelajaran menjadi hal yang utama agar siswa dapat meneriman materi serta mengembangkan kemampuan berpikirnya dengan baik. Matematika yang hanya dipahami secara tekstual dari bahan-bahan ajar yang tertulis akan mengakibatkan proses pembelajaran menjadi tidak bermakna. Proses pembelajaran tentu saja tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, sehingga dibutuhkan persiapan yang matang sebelum menyampaikan konsep matematika. Persiapan mengajar perlu dilakukan agar pemyampaian materi tidak bersifat monoton dan dapat berdasarkan pada karakteristik siswa. Oleh karena itu untuk mempersiapkan siswa dalam belajar perlu adanya suatu hypothetical learning trajectory (HLT) yang tepat. Artikel ini akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan HLT, bagaimana menyusun suatu HLT khususnya untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Kata Kunci: Hypothetical Learning Trajectory, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis} }