eprintid: 10076 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 2 dir: disk0/00/01/00/76 datestamp: 2013-02-12 01:13:39 lastmod: 2013-02-12 01:13:39 status_changed: 2013-02-12 01:13:39 type: article metadata_visibility: show creators_name: Qodri Ali, Hasan creators_id: Alhasan851@gmail.com title: REKONSTRUKSI PEMAHAMAN KONSEP PEMBAGIAN PADA SISWA BERKEMAMPUAN TINGGI ispublished: pub subjects: snmpm_2012 divisions: fmipa_jurdik_math_pend_math full_text_status: public keywords: Rekonstruksi, Pemahaman konsep, Pembagian abstract: Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah mengembangkan pemahaman konsep. Operasi pembagian adalah pengetahuan prosedural, namun dalam prosedur pembagian sebenarnya terdapat konsep-konsep matematika yang apabila dipahami akan mampu membawa siswa kepada pemahaman formal, sehingga pemahaman terhadap operasi pembagian tidak hanya sampai pada pemahaman instrumental saja. Penelitian ini bertujuan mengetahui rekonstruksi pemahaman konsep pembagian pada siswa berkemampuan tinggi melalui aktivitas mandiri. Siswa diberikan soal cerita yang dalam pemecahannya perlu melakukan operasi pembagian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, subjeknya 1 orang siswa kelas V berkemampuan tinggi, pada SDN Percobaan Palangkaraya, dimana siswa sudah pernah diajarkan operasi pembagian. Validitas data dilakukan dengan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini adalah pemahaman siswa terhadap operasi pembagian sudah sampai pada taraf relasional ditunjukkan antara lain siswa mengerti mengapa operasi pembagian dilakukan dari sebelah kanan, mengapa pengambilan dilakukan pada masing-masing nilai tempat yang sama, siswa mengetahui keterkaitan konsep-konsep yang ada dalam operasi pembagian, siswa juga mengenali sifat-sifat operasi hitung dalam operasi pembagian. Sedangkan dalam pemahaman formal siswa masih sulit menuliskannya dalam notasi matematika meski siswa mampu menemukan jawabannya serta menjelaskan bagaimana jawaban itu diperoleh. Kata kunci: Rekonstruksi, Pemahaman konsep, Pembagian date: 2012-11-10 publication: Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa publisher: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY refereed: TRUE issn: 978-979-16353-8-7 official_url: http://www.uny.ac.id citation: Qodri Ali, Hasan (2012) REKONSTRUKSI PEMAHAMAN KONSEP PEMBAGIAN PADA SISWA BERKEMAMPUAN TINGGI. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. ISSN 978-979-16353-8-7 document_url: http://eprints.uny.ac.id/10076/1/P%20-%2073.pdf