%0 Thesis %9 S1 %A ADHI , PUTRANTO %B FT %D 2013 %F UNY:10051 %I UNY %T PENGEMBANGAN GAME EDUKASI KLASIFIKASI HEWAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS5 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VII DI SMP N 15 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/10051/ %X Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membuat game edukasi klasifikasi hewan sebagai media pembelajaran biologi dengan materi yang terdiri dari filum, kelas, ordo, familia, genus, dan spesies serta mengetahui besar persentase kelayakan media yang telah dibuat. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII dan objek penelitian adalah game edukasi klasifikasi hewan sebagai media pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi dan dokumentasi, dan metode analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah berupa game edukasi klasifikasi hewan sebagai media pembelajaran biologi kelas VII. Validasi ahli materi terhadap materi media pembelajaran didasarkan pada kualitas materi dan kemanfaatan materi mendapat persentase kelayakan sebesar 76, 56%. Penilaian ahli media terhadap kualitas media pembelajaran didasarkan pada karakteristik media dalam multimedia pembelajaran mendapat persentase kelayakan sebesar 86, 68%. Hasil penilaian pada uji coba produk yang dibagi menjadi tiga aspek yaitu aspek desain tampilan layar, pengoperasian program, navigasi, dan kemanfaatan. Secara keseluruhan hasil penilaian dari 68 siswa kelas memperoleh persentase kelayakan sebesar 92,94 % sehingga media pembelajaran ini layak digunakan sebagai pembelajaran biologi kelas VII.