%T PENGARUH KESADARAN BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, SARANA SEKOLAH DAN KEDISIPLINAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG %D 2013 %I UNY %X Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh: 1) Kesadaran Belajar terhadap Prestasi Belajar TIK, 2) Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar TIK, 3) Sarana Sekolah terhadap Prestasi Belajar TIK, 4) Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar TIK, 5) Kesadaran Belajar, Lingkungan Keluarga, Sarana Sekolah dan Kedisiplinan Siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar TIK. Penelitian ini mengambil sampel 128 siswa SMA Negeri 2 Temanggung. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan analisis Product Moment, dan uji reliabilitas dengan koefisien Alpha. Metode untuk menganalisis data dengan regresi sederhana dan regresi ganda empat prediktor. Sebelum menganalisis data dilakukan pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kesadaran Belajar terhadap Prestasi Belajar dibuktikan dengan r2=0,331 dan pengaruh sebesar 25,53%; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi belajar dibuktikan dengan r2=0,284 dan pengaruh sebesar 11,19%; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Sarana Sekolah terhadap Prestasi belajar dibuktikan dengan r2=0,295 dan pengaruh sebesar 10,87%; 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi belajar dibuktikan dengan r2=0,271 dan pengaruh sebesar 6,41%; 5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kesadaran Belajar, Lingkungan Keluarga, Sarana Sekolah dan Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi belajar dibuktikan dengan R2=0,554, dengan F=36,148 dan pengaruh TIK sebesar 54%. %A Nugraheni Kartika %L UNY10044