Hubungan Antara Persepsi Komunikasi Interpersonal Dan Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Listrik SMK N 1 Sedayu Bantul

Pramuditia, Nikha Ardi (2010) Hubungan Antara Persepsi Komunikasi Interpersonal Dan Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Listrik SMK N 1 Sedayu Bantul. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Nikha_-_Abstrak_Hubungan_Antara_Persepsi_Komunikasi_Interpersonal_Dan_Perhatian_Ortu_dengan_Prestasi_Belajar.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nikha_-_Simpulan_Hubungan_Antara_Persepsi_Komunikasi_Interpersonal_Dan_Perhatian_Ortu_dengan_Prestasi_Belajar.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Komunikasi interpersonal dan perhatian orang tua merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Berdasarkan observasi dan wawancara komunikasi interpersonal dan perhatian orang tua di SMK N 1 sedayu cukup baik.Prestasi belajar siswa juga tergolong baik. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal dengan prestasi belajar siswa kelas X program keahlian teknik listrik SMK N 1 Sedayu Bantul.) (2) Untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas X program keahlian teknik listrik SMK N 1 Sedayu Bantul. (3) Untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas X program keahlian teknik listrik SMK N 1 Sedayu Bantul Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost facto bersifat korelatif yang terdiri dari beberapa tahap yaitu, (1) penyusunan proposal, (2) penyusunan instrument, (3) pengambilan data, dan(4) analisis data dan pengambilan keputusan. Sample penelitian adalah siswa kelas X program keahlian teknik listrik SMK N 1 Sedayu Bantul yang berjumlah 72 siswa dari populasi yang berjumlah 72 siswa. Pengambilan data pada penelitian ini melalui angket untuk variabel komunikasi interpersonal dan perhatian orang tua serta dokumentasi untuk variabel prestasi belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah(1) semakin tinggi komunikasi interpersonal maka semakin tinggi prestasi belajar siswa dengan r=0264 dan signifikansi 0,000 . (2)semakin tinggi perhatian orang tua maka semakin tinggi prestasi belajar nya dengan r=0,271 dan signifikansi 0,000.(3) semakin tinggi komunikasi interpersonal dan semakin tinggi perhatian orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa dengan r=0,348 dan F=4,757. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu penelitian ini mengukur komunikasi interpersonal dan perhatian orang tua yang dipandang dari persepsi siswa. Untuk penelitian selanjutnya disarankan agar melakukan tambahan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, guna membuktikan hasil dari angket dan untuk variabel perhatian orang tua hendaknya diambil dari orang tua langsung bukan dari siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, interpersonal, perhatian, orang tua, prestasi, belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Admin PTE FT UNY
Date Deposited: 26 Jun 2012 01:09
Last Modified: 06 Aug 2012 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/888

Actions (login required)

View Item View Item