Alat Ukur Tinggi dan Berat badan Manusia Secara Digital Berbasis Mikrokontroler IC AT89S51 Menggunakan Ultrasonik dan Flexiforce

Prabowo, Eko Kurniawan Setyo (2008) Alat Ukur Tinggi dan Berat badan Manusia Secara Digital Berbasis Mikrokontroler IC AT89S51 Menggunakan Ultrasonik dan Flexiforce. UNY.

[img]
Preview
Text
Eko_Kurniawan_-_Abstrak_Alat_Ukur_Tinggi_dan_Berat_Badan_Manusia_Secara_Digital.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Alat ukur tinggi dan berat badan manusia secara digital berbasis mikrokontroller AT89S51 ultrasonik (sensor jarak) dan flexiforce (sensor tekanan) adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengukur nilai suatu besaran panjang/tinggi dan berat pada tubuh/fisik seseorang berdasarkan satuan tertentu dengan tujuan membuat suatu rangkaian alat ukur tinggi dan berat badan dengan tampilan digital menggunakan sensor jarak dan sensor tekanan dan mengetahui unjuk kerja dari alat ukur tinggi dan berat badan dengan tampilan digital yang menggunakan sensor tekanan dan sensor jarak. Prinsip kerja alat ini adalah berdasar sinar pantul ultrasonik dan tekanan suatu benda. Perancangan sistem meliputi prinsip kerja dari sensor flexiforce (sensor tekanan), sensor jarak (ultrasonik), op-amp, ADC, mikrokontroller, LCD dan sevensegmen. Sistem rangkaian alat ini merupakan rangkaian yang mampu merubah sebuah besaran panjang dan berat sehingga dapat diolah dan ditampilkan dalam bentuk sistem elektris. Dalam melakukan berubahan besaran tersebut digunakan dua sensor yang mampu mengkonversi besaran tinggi dan berat. Proses perubahan tersebut dengan mengubah jarak dan berat menjadi tegangan analog menggunakan sensor ultrasonik (sensor jarak) dan flexiforce (sensor tekanan). Setelah melalui proses pengkondisian sinyal dengan cara dikuatkan, tegangan analog diubah menjadi data digital menggunakan ADC0804. Data digital yang diperoleh kemudian diolah oleh mikrokontroller AT89S51 dan ditampilkan. Hasil tampilan angka tersebut merupakan informasi mengenai pengukuran berat dan tinggi badan. Adapun hasil unjuk kerja alat ini memiliki kesalahan pengukuran rata-rata sebesar 0,24% untuk pengukuran tinggi badan dan 1,66% untuk pengukuran berat badan. Keterbatasan pengukuran tinggi badan dari 50cm sampai 215cm dan berat badan 48kg sampai 90kg.

Item Type: Article
Additional Information: upload : ACN
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Admin PTE FT UNY
Date Deposited: 26 Jun 2012 00:50
Last Modified: 06 Aug 2012 03:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/885

Actions (login required)

View Item View Item