MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA TEKNIK MELALUI METODE PETA KONSEP (MIND MAPPING)

Pangat HS, Drs. (2007) MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA TEKNIK MELALUI METODE PETA KONSEP (MIND MAPPING). UNY.

[img]
Preview
Text
Pangat_HS.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar dan minat belajar Fisika Teknik Listrik yang menggunakan metode Konvensional dan metode Peta Konsep. Populasi dalam penelitian eksperimen ini adalah seluruh mahasiswa semester I Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY yang terdiri dari dua kelas. Dalam penelitian ini semua populasi dijadikan sampel masing-masing kelas sejumlah 30 mahasiswa. Untuk menentukan kelompok eksperimen ditentukan dengan undian. Untuk kelompok eksperimen 1 diberi perlakuan dengan metode Konvensional dan kelompok 2 dengan metode Peta Konsep. Penyepadanan (matching) meggunakan nilai rata-rata pelajaran Fisika yang tercantum dalam SKHU SLTP siswa. Data diperoleh dengan menggunakan 4 buah instrumen yaitu modul dengan metode Konvensional, modul dengan metode Peta Konsep, tes prestasi belajar Fisika Teknik Listrik dan angket minat belajar Fisika Teknik Listrik. Data yang diperoleh di uji dengan teknik analisis uji-t dan teknik analisis regresi dengan bantuan komputer. Berdasar hasil analisis data prestasi belajar dan minat belajar Fisika Teknik Listrik siswa dengan uji-t diperoleh harga t hitung lebih besar daripada t tabel pada taraf signifikansi 5% untuk kedua kelompok eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar dan minat belajar Fisika Teknik Listrik antar kedua kelompok eksperimen. Prestasi belajar dan minat belajar siswa yang menggunakan metode Peta Konsep lebih tinggi dibanding siswa yang menggunakan metode Konvensional. Kata kunci: efektivitas, metode peta konsep, fisika teknik FT, 2007 (PEND. TEK. ELEKTRO)

Item Type: Article
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: lembaga penelitian
Date Deposited: 26 Jun 2012 00:48
Last Modified: 06 Aug 2012 03:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item