Model Manajemen Green TVET Berbasis Energi Terbarukan.

Sulistyo, Ari Dwi Agus and Triyono, Mochamad Bruri (2025) Model Manajemen Green TVET Berbasis Energi Terbarukan. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_ari dwi agus sulistyo_21702261025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

Green Technical and Vocational Education Training (TVET) merupakan ide yang menggabungkan prinsip keberlanjutan dalam pendidikan vokasional maupun teknis, khususnya dalam bidang energi terbarukan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkap implementasi pengelolaan Green TVET di sekolah menengah kejuruan (SMK) saat ini, (2) mendeskripsikan program keahlian teknik energi terbarukan yang mampu menggerakan pengelolaan Green TVET di SMK, dan (3) menghasilkan model manajemen Green TVET di SMK yang berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan desain Borg and Gall dengan pendekatan sequential mixed. Penelitian dilaksanakan di SMK program keahlian teknik energi terbarukan di Provinsi Jawa Barat, dan melibatkan warga sekolah sebagai subjek penelitian serta industri dan lembaga pemerintah terkait. Pengumpulan data menggunakan angket dan melalui wawancara serta dokumentasi. Validitas instrumen penelitian menggunakan penilaian pakar ahli, validitas konstruk, dan reabilitas. Uji validitas item menunjukkan rata-rata nilai P-Value < 0,05 dan uji reliabilitas instrumen menunjukan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,978 - 0,988. Analisis data kuantitatif terdiri dari analisis deskriptif dengan SPSS dan analisis inferensial bertujuan untuk menganalisis model konstruk dengan SmartPLS3. Validitas data kualitatif diuji melalui triangulasi dan member check, dan data tersebut dianalisis tematik melalui kategorisasi dengan software Nvivo. Analisis data kelayakan model divalidasi expert melalui focus group discussion. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Penerapan Green TVET di SMK sudah berjalan dengan baik atas dukungan sekolah adiwiyata, tetapi belum sepenuhnya terintegrasi secara formal dengan teknologi energi. (2) Program keahlian teknik energi terbarukan membantu pengelolaan Green TVET di SMK, meningkatkan pengetahuan warga sekolah, mendorong mereka mengimplemen- tasikan praktik ramah lingkungan untuk peduli terhadap lingkungan, mengurangi dampak negatif, dan mengendalikan perubahan iklim secara berkelanjutan. (3) model pengelolaan lingkungan yang efektif melibatkan perencanaan strategis, pengelolaan sumber daya yang baik, program lingkungan yang konsisten, dan manajemen berkelanjutan, yang melibatkan kurikulum hijau, kampus, komunitas, budaya, dan penelitian, yang bertujuan untuk mendorong warga sekolah mengelo- la lingkungan mereka secara efektif dengan memanfaatkan potensi energi terbarukan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: berkelanjutan, energi terbarukan, Green TVET, manajemen
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Apr 2025 03:54
Last Modified: 25 Apr 2025 03:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86629

Actions (login required)

View Item View Item