UPAYA PENINGKATAN PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH PEMROGRAMAN KOMPUTER MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Mutaqin, Drs., M.Pd., M.T (2008) UPAYA PENINGKATAN PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MATA KULIAH PEMROGRAMAN KOMPUTER MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. UNY.

[img]
Preview
Text
Mutaqin2.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Dengan memanfaatakan media pembelajaran yang meng¬guna¬¬kan media interaktif yang dipadukan dengan penerapan stra¬tegi pembelajaran model kooperatif diharapkan akan bisa mening¬kat¬kan motivasi peserta didik dalam mempelajari materi pe¬mrograman komputer. Tujuan penelitian ini adalah untuk menge¬ta¬hui sejauhmana penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media interaktif pada mata kuliah pemrograman komputer dapat meningkatkan pencapaian prestasi hasil belajar mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam ini adalah melalui penelitian tindakan kelas (classroom Action Research), dengan menerapkan strategi pembelajaran melalui metode pembelajaran kooperatif. Langkah yang ditempuh melalui model Kurt lewin dan Eliot dengan tahapan : (1) plan, yakni pengumpulan informasi sebagai need assessment untuk membuat rancangan yang tepat (2) action, yakni langkah-langkah yang dilakukan berupa tindakan nyata di dalam pembelajaran . (3) observation, yakni mengevaluasi hasil yang telah dilakukan (4) reflection, yakni berdasar hasil analisis yang telah dilakukan kemudian menentukan seberapa jauh tingkat pencapaian yang dihasilkan. Pada penelitian ini menerapkan dua siklus. Pada setiap siklus, dilakukan tindakan kelas dengan metode pembelajaran yang berbeda, yakni secara berturut-turut adalah: (1) metode diskusi kelompok mandiri, dan (2) metode kelompok-diskusi terbimbing. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ber¬dasar¬kan tanggapan dari mahasiswa dalam penggunaan metode pem¬belajaran yang diterapkan pada strategi pembelajaran kooperatif, dengan menggunakan media interaktif pada mata kuliah pemrograman komputer, dihasilkan bahwa melalui metode diskusi ke¬lompok terbimbing memberikan persentase lebih baik (71%) dari pada metode diskusi keompok secara mandiri. (2) Penerapan strategi pembelajaran kooperatif pada mata kuliah pemrograman komputer dengan menggunakan media interaktif, berdasakan hasil prestasi belajar mahasiswa, didapatkan bahwa metode pembe¬lajar¬an dengan metode diskusi kelompok secara terbimbing mem¬berikan kontribusi peningkatan yang cukup signifikan yakni dari 57,23 menjadi 65,25, atau mengalami kenaikan sebesar 12,19%. Nilai rerata hasil prestasi belajar mahasiswa dengan menggunakan metode diskusi kelompok terbimbing termasuk dalam kategori baik. Kata kunci: strategi pembelajaran, media interaktif, pem¬belajar¬an kooperatif, pemrograman komputer FT, 2008 (PEND. TEK. ELEKTRO)

Item Type: Article
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: lembaga penelitian
Date Deposited: 25 Jun 2012 07:22
Last Modified: 06 Aug 2012 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item