PENGEMBANGAN MODEL “COMPUTERIZED ADAPTIVE TEST” UNTUK SISTEM PENGUKURAN KEMAMPUAN MAHASISWA BIDANG LISTRIK DASAR

Mutaqin, Drs., M.Pd., M.T. (2007) PENGEMBANGAN MODEL “COMPUTERIZED ADAPTIVE TEST” UNTUK SISTEM PENGUKURAN KEMAMPUAN MAHASISWA BIDANG LISTRIK DASAR. UNY.

[img]
Preview
Text
Mutaqin.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Model dan perancangan test dalam suatu pengukuran terhadap kemampuan peserta didik (siswa) dalam proses belajar mengajar perlu dibuat secara matang dan sungguh-sungguh. Hal ini dimaksudkan agar test yang dibuat memenuhi syarat kualitas yang semestinya. Test yang berkualitas adalah test yang dapat berfungsi dengan baik, yakni dapat memprediksi kemampuan seseorang dengan benar, mengurangi error sekecil-kecilnya. Aspek-aspek tersebut merupakan spesifikasi test, yang memuat uraian isi materi dan batasan perilaku, serta memuat informasi mengenai tipe item, rata-rata taraf kesukaran, banyaknya item, lamanya penyajian, dan cara pemberian skor. Penelitian ini merupakan penelitian multi year yang dirancang untuk dapat selesaikan selama dua tahun. Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development. Tujuan penelitian ini adalah: pertama, tersusun bank soal bidang dasar listrik yang memenuhi standard (indeks kesulitan dan daya beda yang dipersyaratkan), kedua, diperolehnya disain model pengukuran adaptif terkomputerisasi yang tepat untuk mengukur kemampuan mahasiswa. Ketiga, diperolehnya kinerja fungsional model sistem pengukuran adaptif terkomputerisasi berdasar implementasi program. Program pengukuran adaptif terkomputerisasi ini digunakan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah Listrik Dasar. Konsentrasi penelitian pada tahun pertama, ditekankan pada penyusunan bank soal yang tervalidasi dan diperolehnya software disebut Computerized Adaptive Test (CAT) yang teruji secara fungsional program. Metode penelitian yang dilakukan meliputi: a) Analisis kebutuhan, b) Perancangan dan pengujian c) Implementasikan, d) Pengujian (debugging), e) revisi, dan f) deseminasi dan publikasi hasil penelitian. Kegiatan penelitian dilakukan di Laboratorium Komputer Jurusan Pend. Teknik Elektro FT UNY. Hasil penelitian pada tahun pertama ini , antara lain bahwa berdasarkan kajian dan analisis soal, didapatkan: Pertama, tersusunnya bank soal bidang listrik dasar yang memiliki kualitas yang terstandar, yakni memiliki indek kesukaran dan daya beda yang dipersyaratkan. Berdasarkan analisis soal, dari 150 item soal berdasarkan kriteria yang dipersyaratkan diperoleh 37 item atau 24,66%. Kedua, diperolehnya disain pengukuran adaptif terkomputerisasi yang disebutnya Computerized Adaptive Test (CAT). Penyusunan program CAT ini diperoleh melalui beberapa tahapan, yakni meliputi analisis kebutuhan, pengujian feasibilitas materi, pembuatan kode program, meguji dan menemukan beberapa tipe kesalahan melalui proses debugging dengan model teknik pengujian black box testing, dan revisi produk untuk penyempurnaan hasil program. Berdasarkan kinerja program secara fungsional model dari sistem pengukuran adaptif terkomputerisasi CAT ini telah dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Menu program disediakan ada sembilan. Menu-menu tersebut meliputi: menu soal, menu mata pelajaran, user log, histori, pengguna, admin, config, cetak, log out, semuanya memiliki funsional tersendiri. Semua menu yang disediakan telah mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing. Secara fungsional semua menu yang dirancang dapat bekerja sebagaimana ynag diharapkan. Ke sembilan menu tersebut merupakan satu kesatuan yang membentuk satu sistem yang merepresntasikan model pengukuran adaptif terkomputerisasi. Kata kunci: pengengambangan model, pengukuran, CAT, listrik dasar FT, 2007 (PEND. TEK. ELEKTRO)

Item Type: Article
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 25 Jun 2012 07:18
Last Modified: 06 Aug 2012 03:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item View Item