PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MEMFASILITASI BELAJAR MANDIRI PADA MATA KULIAH MEDAN ELEKTRO-MAGNETIK DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FT UNY

Muhamad Ali, M.T. (2007) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MEMFASILITASI BELAJAR MANDIRI PADA MATA KULIAH MEDAN ELEKTRO-MAGNETIK DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FT UNY. UNY.

[img]
Preview
Text
Muhamad_Ali.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif mata kuliah Medan Elektromagnetik di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY kepada mahasiswa. Media pembelajaran ini didesain untuk membantu mahasiswa dalam belajar secara mandiri menggunakan bantuan komputer. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat lunak melalui 5 tahap. Tahap pertama yaitu melakukan analisis kebutuhan, tahap selanjutnya yaitu melakukan desain yang meliputi pembangunan aliran data atau Data Flow Diagram, yang menggambarkan aliran data spesifik dari proses program, diagram alir program (flow¬chart), yang merupakan gambaran urutan proses dan hubungan antara proses secara mendetail dalam program. Langkah yang ketiga yaitu pengembangan dan selanjutnya implementasi. Tahap terakhir melakukan pengujian. Untuk mengetahui kelayakan media ini digunakan intrumen berupa review dari ahli media dan ahli pembelajaran terhadap produk yang dihasilkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajar¬an berbasis multimedia interaktif mata kuliah Medan Elektro¬magnetik telah berhasil dikembangkan dan sudah dapat diimplementasikan. Dari hasil validasi media pembelajaran oleh ahli media dan ahli pembelajaran didapatkan hasil bahwa secara keseluruhan media ini mendapatkan penialian yang baik dilihat dari aspek kemanfaatan, tampilan dan interaksi antara pebelajar dan pengajar. Skor rata-rata yang diberikan adalah 3,15 pada skala likert. Kata kunci: media pembelajaran, interaktif, multimedia, medan elektromagnetik FT, 2007 (PEND. TEK. ELEKTRO)

Item Type: Article
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: lembaga penelitian
Date Deposited: 25 Jun 2012 07:11
Last Modified: 06 Aug 2012 03:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/860

Actions (login required)

View Item View Item