Kesiapan Sumber Daya Manusia Dan Fasilitas Pendukung Dalam Implementasi Program Sistem Informasi Manajemen Kesehatan Puskesmas Di Kabupaten Kebumen

Kurniawan, Prabowo Dwi (2009) Kesiapan Sumber Daya Manusia Dan Fasilitas Pendukung Dalam Implementasi Program Sistem Informasi Manajemen Kesehatan Puskesmas Di Kabupaten Kebumen. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Prabowo_-_Abstrak_Kesiapan_SDM_Dan_Fasilitas_Pendukung_Dalam_Implementasi_Program_SIM_Kes_Puskesmas.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan puskesmas di Kabupaten Kebumen dalam implementasi program Sim Kes Puskesmas. Kesiapan implementasi program tersebut ditinjau dari kesiapan SDM yakni pimpinan puskesmas dan pegawai puskesmas serta ditinjau dari fasilitas pendukung yakni ketersediaan perangkat keras (hardware) dan ketersediaan perangkat lunak (software). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di puskesmas Kabupaten Kebumen menggunakan sampling area. Dari 35 puskesmas diambil 20 puskesmas dengan obyek penelitian pimpinan pukesmas dan dua pegawai puskesmas yang mengikuti pelatihan penggunaan program serta ketersediaan hardware dan software yang dimiliki masing-masing puskesmas. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk memperoleh data dari kesiapan SDM dan pedoman observasi untuk memperoleh data dari fasilitas pendukung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : (1). Ditinjau dari kesiapan pimpinan puskesmas dalam implementasi program Sim Kes Puskesmas pada: a). Indikator kesadaran pentingnya teknologi informasi (TI) menunjukkan kategori sangat siap, b). Indikator komitmen menunjukkan kategori siap, c). Indikator sikap mendukung menunjukkan kategori sangat siap. (2). Ditinjau dari kesiapan pegawai (pegawai yang mengoperasikan program) dalam implementasi program Sim Kes Puskesmas pada : a). Indikator kemampuan untuk belajar menunjukkan kategori siap, b). Indikator motivasi belajar menunjukkan kategori siap, c). Indikator efektivitas diri menunjukkan kategori siap, d). Indikator kesiapan untuk menggunakan menunjukkan kategori siap. (3). Ditinjau dari kesiapan fasilitas pendukung dalam hal ini hardware masih kurang siap (baru 20% puskesmas dari 20 puskesmas yang dijadikan subjek penelitian telah memiliki jaringan komputer). (4). Ditinjau dari kesiapan software menunjukkan sudah siap (ketersediaan software pendukung di puskesmas 100%), akan tetapi dari segi program Sim Kes Puskesmas masih kurang siap yang terlihat dari banyaknya keluhan dari pengguna program.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Admin PTE FT UNY
Date Deposited: 25 Jun 2012 07:00
Last Modified: 06 Aug 2012 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item View Item