PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Kholis , Nur and Hartoyo (2009) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA. UNY.

[img] Text
IMPROVING_THE_EFFECTIVENESS_OF_TEACHING_AND_LEARNING_OF_MATHEMATICS_BY_IMPLEMENTING_CONTEXTUAL_TEACHING_AND_LEARNING_(CTL).doc

Download (31kB)

Abstract

Hasil pembelajaran dan proses pelaksanaan Mata Kuliah Matematika selama ini dirasa belum memenuhi hasil seperti yang diharapkan. Motivasi dan partisipasi aktif mahasiswa dalam proses perkuliahan rendah. Mata Kuliah Matematika dianggap mata kuliah yang sulit dan menjadi hal yang menakutkan bagi mahasiswa. Padahal mata kuliah tersebut merupakan mata kuliah yang akan mendasari pada mata kuliah-mata kuliah keteknikan berikutnya. Mahasiswa yang menguasai matematika lebih baik akan lebih mudah untuk memahami mata kuliah-mata kuliah keteknikan berikutnya sehingga indeks prestasi mahasiswa akan lebih baik. Untuk mengatasi kendala pelaksanaan pembelajaran dan untuk meningkatkan pencapaian kompetensi mahasiswa perlu diterapkan model Contextual teaching and learning (CTL). Penelitian ini akan dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus atau lebih, disesuaikan dengan kondisi yang ada. Tiap siklus dilakukan perubahan sesuai dengan maksud penelitian yang ingin dicapai. Teknik pengumpulan data menggunakan: angket, observasi, wawancara, tes dan pemberian tugas untuk mengukur pencapaian kompetensi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan persentase yang kemudian dibandingkan dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta yang mengambil Mata Kuliah Matematika semester ganjil tahun 2009/2010. Jumlah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Matematika pada saat penelitian ini dilakukan adalah sebanyak 41 orang. Hasil penelitian, dari sisi proses, tindakan yang mendasarkan pada pembelajaran kontekstual dalam dua siklus terbukti bahwa pembelajaran mata kuliah Matematika dinyatakan efektif baik dilihat dari proses dan hasil pembelajaran hasil dari penerapan pembelajaran kontekstual ini, telah berhasil meningkatkan motivasi mahasiswa, keterlibatan aktif mahasiswa, meningkatkan suasana belajar yang kondusif, menarik dan menyenangkan, mahasiswa lebih mudah dalam memahami dan menguasai kompetensi yang dituntut sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Proses pembelajaran dinyatakan efektif karena tujuh komponen pembelajaran efektif (konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian otentik) telah ditunjukkan pada pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan dari sisi hasil pembelajaran, walaupun belum secara keseluruhan mengingat waktu penelitian yang terbatas, penerapan pembelajaran kontekstual telah berhasil melampaui kriteria minimal keberhasilan. Semua mahasiswa mendapatkan nilai di atas kriteria minimal (nilai C). Hal ini ditunjukkan oleh perolehan nilai sebagai berikut, pada pelaksanaan Siklus I nilai A (3 orang; 7,32%), A– (6 orang; 14,63%), B+ (7 orang; 17,07%), B (17 orang, 41,46%), B– (5 orang; 12,20%), C+ (3 orang; 7,32%), sedangkan pada pelaksanaan Siklus II nilai A (3 orang; 7,32%), A– (4 orang; 9,76%), B+ (8 orang; 19,51%), B (12 orang, 29,27%), B– (7orang; 17,07%), C+ (4 orang; 9,76%), C (3 orang; 7,32%).

Item Type: Article
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 25 Jun 2012 06:50
Last Modified: 06 Aug 2012 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/849

Actions (login required)

View Item View Item