Pelaksanaan Pembelajaran Berbantuan Multimedia di Jurusan Listrik SMKN 1 Glagah Banyuwangi

Hermawati, Harina Retno (2009) Pelaksanaan Pembelajaran Berbantuan Multimedia di Jurusan Listrik SMKN 1 Glagah Banyuwangi. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Harina_Retno_Hermawati_-_Pembelajaran_Berbantuan_Multimedia_di_SMKN_1_Glagah_Banyuwangi.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbantuan multimedia di Jurusan Listrik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Glagah Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif non-hipotesis dengan metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Jurusan Listrik SMKN 1 Glagah Banyuwangi yang mengikuti pelaksanaan pembelajaran berbantuan multimedia dengan jumlah populasi 150 siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode Proposional Random Sampling dengan pertimbangan ditentukan siswa yang telah mengikuti pelaksanaan pembelajaran berbantuan multimedia, yang diambil secara acak dari Kelas II dan Kelas III dengan ukuran yang sama. Objek penelitian adalah siswa yang melakukan pelaksanaan pembelajaran berbantuan multimedia yang ditinjau dari empat aspek yaitu: 1) aspek persiapan mengajar, 2) aspek proses belajar mengajar (PBM), 3) aspek evaluasi pembelajaran dan 4) aspek hasil pembelajaran. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbantuan multimedia di Jurusan Listrik SMKN 1 Glagah Banyuwangi ditinjau dari empat aspek diperoleh: 1) pelaksanaan pembelajaran berbantuan multimedia dari aspek persiapan mengajar pada kategori baik dan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata (mean) yang diperoleh dari siswa sebagai subjek penelitian yaitu sebesar 35 dari skor ideal 52. Terdapat 49 (45,5%) siswa dan 32 (29,5%) siswa dari seluruh responden atau dengan prosentase 75% yang memberikan jawaban baik dan sangat baik; 2) pelaksanaan pembelajaran berbantuan multimedia ditinjau dari aspek proses belajar mengajar pada kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata (mean) yang diperoleh dari siswa sebagai subjek penelitian yaitu sebesar 128,37 dari skor ideal 172. Terdapat 65 siswa dari seluruh responden atau dengan prosentase 60,1% yang memberikan jawaban sangat baik; 3) pelaksanaan pembelajaran berbantuan multimedia ditinjau dari aspek evaluasi pembelajaran pada kategori baik dan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata (mean) yang diperoleh dari siswa sebagai subjek penelitian yaitu sebesar 54,72 dari skor ideal 84. Terdapat 51 (47,2%) siswa dan 17 (15,7%) siswa dari seluruh responden atau dengan prosentase 62,9% yang memberikan jawaban baik dan sangat baik; 4) pelaksanaan pembelajaran berbantuan multimedia ditinjau dari aspek hasil pembelajaran pada kategori baik dan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata (mean) yang diperoleh dari siswa sebagai subjek penelitian yaitu sebesar 74,72 dari skor ideal 116. Terdapat 59 (54,7%) siswa dan 13 (12,2%) siswa dari seluruh responden atau dengan prosentase 66,9% yang memberikan jawaban baik dan sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 25 Jun 2012 06:25
Last Modified: 06 Aug 2012 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/834

Actions (login required)

View Item View Item